Pola Makan Bayi 11 Bulan – Kebutuhan, Jadwal, dan Jenis Boga      

Google AdSense

Bayi yang sudah masuk usia 11 bulan akan lebih menyenangkan untuk orang tua. Perkembangan bayi sudah Bisa menggerakkan tubuh dengan bagus. Dan tentunya juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan. Banyak orang tua yang mulai mengajak bayi usia 11 bulan untuk makan bersama orang tua. Bahkan bayi yang menghadapi kelahiran prematur sudah Bisa mempunyai berat badan yang normal.

Beberapa Boga orang tua yang ringan tanpa rasa pedas juga sudah Bisa diberikan untuk bayi. Namun semua itu memang ada batasannya. Berikut ini Anggaran untuk mengatur pola makan bayi 11 bulan.

Google AdSense

Berapa Kebutuhan Susu untuk Bayi Usia 11 Bulan?

Bayi yang sudah masuk usia 11 bulan di umumnya masih membutuhkan ASI atau susu formula dengan jumlah yang cukup. Namun saat bayi mulai menerima Boga tambahan dengan bagus, maka jumlah kebutuhan susu memang berkurang. di umumnya bayi hanya membutuhkan susu sekitar 400 hingga 500 ml. Ibu yang mulai membagikan susu formula untuk bayi juga wajib mengatur kebutuhan bayi. Terlalu banyak membagikan susu formula Bisa mengurangi nafsu makan bayi. Kondisi ini Bisa menghambat bayi mengenal Boga pendamping ASI. Semakin besar bayi kita maka kebutuhan nutrisi juga semakin lengkap, bila tak terpenuhi maka Bisa menghambat pertumbuhan bayi.

Contoh Jadwal Makan untuk Usia 11 Bulan

  1. 06:00 – 07:00 : Waktunya bayi bangun pagi. bila bayi tidur lebih awal, maka mungkin bayi juga akan bangun lebih pagi lagi. Berikan ASI atau susu formula untuk menenangkan bayi yang baru bangun. tips ini Bisa mengurangi bayi menangis dan rewel saat bangun pagi hari.
  2. 08:00 = bila bayi kita tak tidur lagi, maka ajak bayi untuk bermain di luar rumah. Udara pagi sangat bagus untuk pernafasan dan membuat bayi lebih segar. Setelah itu mandikan bayi supaya tubuhnya lebih segar lagi.
  3. 09:00 = Saatnya membagikan Boga semi padat untuk sarapan bayi. kita Bisa membagikan bubur, oat, atau roti gandum. Boga semi padat di pagi hari sangat bagus untuk membantu bayi mencegah rasa lapar Lebih terutama untuk bayi yang sudah mempunyai Asterik tumbuh gigi di bayi.
  4. 10:00 – 10:30 = setelah bayi kita menerima Boga dengan bagus, maka biasanya mereka akan merasa mengantuk. Biarkan bayi tidur selama 30 menit atau lebih. Biasanya bayi tidur tak terlalu lama.
  5. 11:00 = berikan ASI atau susu formula saat bayi bangun tidur. Setelah itu berikan Boga tambahan lain seperti camilan. kita Bisa memilih biskuit bayi atau jus buah yang dibuat sendiri.
  6. 12:00 – 13:00 = Saatnya membagikan makan siang untuk bayi. kita Bisa membagikan Boga semi padat seperti nasi yang dihaluskan, sup sayuran (brokoli, kembang kol, bayam) dan sup kaldu ayam. Sesuaikan dengan jadwal Boga harian sehingga bayi tak mudah bosan.
  7. 13:30 = Setelah bayi kita merasa kenyang, maka biasanya bayi akan mulai mengantuk. Tidur siang sangat bagus untuk bayi dan kita Bisa membantu bayi supaya Bisa tidur siang dengan bagus. Berikan ASI atau susu formula sebelum bayi tidur siang.
  8. 15:00 = saat bayi kita bangun tidur siang, maka selalu berikan ASI atau susu formula. Setelah itu berikan camilan ringan seperti biskuit bila bayi terlihat rewel dan kelaparan. bila bayi sudah segar maka ajak bermain lalu mandikan.
  9. 17:00 = Ini waktu yang sangat bagus untuk membagikan makan malam untuk bayi kita. bila bayi kita tidur malam lebih Genjah, maka jangan terlambat membagikan makan malam. kita Bisa membagikan Boga yang padat tapi ringan seperti ikan, sup bakso atau telur.
  10. 18:00 = Ajak bayi kita ke tempat tidur untuk bermain di tempat tidur. bila bayi kita sudah merasa lelah maka berikan ASI atau susu formula. tips ini akan membantu bayi tidur malam lebih Genjah dan tak terlalu rewel di malam hari.

Beberapa bayi yang menerima Boga semi padat dengan bagus, biasanya tak terlalu rewel di malam harinya. Namun beberapa  bayi juga Bisa masih meminta ASI atau susu formula di malam harinya.

Jenis Boga untuk Bayi Usia 11 Bulan

membagikan Boga perkenalan untuk bayi usia 11 bulan Bisa membantu bayi kita mempunyai pertumbuhan yang cukup bagus. Selain itu bayi kita mulai menyukai beberapa jenis Boga dengan rasa yang berbeda. kita tak wajib mengurangi ASI atau susu formula dalam jumlah banyak, namun hanya mengatur waktu dan jenis Boga untuk bayi. Berikut ini yaitu beberapa jenis sumber Boga yang Bisa diberikan untuk bayi usia 11 bulan.

  1. Buah-buahan. Buah sangat bagus untuk bayi kita di karenakan mengandung serat, mineral dan vitamin yang lengkap. Buah juga tak mengandung lemak Lebih sehingga Bisa mengurangi obesitas. Usia 11 bulan juga bayi sudah tumbuh gigi sehingga Bisa mengunyah buah dan mencegah bayi tersedak. Beberapa jenis buah yang sangat disarankan untuk bayi 11 bulan yaitu seperti apel, pisang, pir, jeruk, kiwi, nanas, semangka, alpukat, buah naga, melon dan anggur. Semua kulit dan biji yang Bisa membahayakan bayi wajib dihilangkan. Lebih bagus bila buah dipotong dadu kecil.
  2. Sayuran mengandung vitamin, mineral, dan serat yang cukup tinggi. Sayuran juga tak terlalu banyak mengandung karbohidrat dan kalori sehingga sangat bagus untuk bayi. Beberapa jenie sayuran yang disarankan seperti kentang, wortel, bayam, kacang – kacangan, Fungi, kembang kol, brokoli, dan kol. Sayuran yang dimasak dengan tips dikukus akan sangat bagus di karenakan mempunyai kandungan gizi yang lebih tinggi serta Bisa memudahkan bayi saat mengunyah sayuran.
  3. Sumber protein. Bayi yang sudah masuk usia 11 bulan membutuhkan protein untuk menjaga asupan nutrisi yang mendukung pertumbuhan bayi. Sumber protein yang sangat disarankan yaitu seperti susu kambing, yogurt dari susu kambing, susu kedelai, daging ayam tanpa kulit dan tulang lunak, daging sapi, telur, dan ikan tanpa tulang. Semua sumber protein seperti daging dan ikan wajib dibersihkan dari tulang atau duri. Potong daging dan ikan menjadi sangat lembut sehingga bayi mudah mengunyah dan menelan Boga. kita juga Bisa membagikan sumber protein tambahan seperti keju.
  4. Sumber karbohidrat. Selain buah, sayuran dan sumber protein, tentu bayi kita juga membutuhkan karbohidrat untuk tambahan tenaga. Bayi kita Bisa menerima beberapa sumber karbohidrat seperti nasi, gandum, dan camilan yang ringan. Semua sumber karbohidrat wajib diberikan dalam jumlah yang pas dan hindari menambahkan garam atau gula Lebih.

Mengenal Alergi untuk Bayi Usia 11 Bulan

saat orang tua mulai membagikan berbagai macam jenis Boga, maka  bayi Bisa aja mendapatkan alergi. Alergi Bisa menyebabkan beberapa gejala seperti kulit bayi ruam, demam, gatal-gatal, rewel, sulit menelan dan muntah. Pastikan kita selalu memeriksa apakah bayi Bisa menerima Boga dengan bagus. Jenis Boga yang sering menyebabkan alergi seperti susu sapi, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

Bayi usia 11 bulan sudah Bisa menerima Boga dengan bagus. Orang tua juga Bisa mengajak bayi untuk makan di luar rumah. Namun perhatikan untuk membatasi asupan gula dan garam yang terlalu tinggi untuk bayi. Gula dan garam Lebih Bisa menyebabkan masalah metabolisme untuk pertumbuhan bayi. Jangan membagikan snack untuk bayi di karenakan pencernaan bayi masih Anemia bagus.

Google AdSense